Contoh Laporan Analisa Grafologi Dalam B.ind

Handwriting and doodling analysis report

Client: Anonymous

16 – 03 – 2011

Personality and Character

Dari tulisan tangan Anonymous, terlihat adanya kebutuhan physical activity yang cukup tinggi. Anonymous membutuhkan penyaluran berupa aktivitas fisik seperti olahraga dan hal hal yang memacu adrenalin. Apabila physical activity ini tidak tersalurkan dengan baik, ada kecenderungan untuk munculnya perilaku agresif berupa violence. Jenis tulisan Anonymous termasuk dalam kategori dominant lower-zone. Dalam grafologi, lower-zone mendefinisikan ambisi, kebutuhan material, serta physical activity. Ada keinginan dalam diri Anonymous untuk mendapatkan ketiga hal tersebut.

Anonymous juga mampu mengekspresikan emosinya kepada orang lain. Ia akan terlihat sedih ataupun senang apabila ia sedang merasakan perasaan tersebut. Anonymous termasuk pribadi yang ekstrovert dan mampu untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosialnya. Ia mampu mendengarkan pendapat orang lain sebagai masukan dalam pengambilan keputusan. Kebutuhannya untuk berinteraksi dengan orang lain, juga terlihat dari keaktifan dirinya untuk terlibat langsung dalam setiap kegiatan. Anonymous adalah pribadi yang sangat aktif.

Self-confidence yang dimiliki Anonymous cukup baik. Ia mampu tampil dihadapan publik tanpa harus merasa malu. Namun karena adanya kepercayaan diri yang cukup tinggi ini, membuat Anonymous rentan terhadap kritik. Ia kurang senang apabila ada orang yang mengkritik dirinya tanpa memberikan solusi. Selain itu, Self-esteem (penghargaan terhadap diri sendiri) dalam diri Anonymous cenderung agak rendah. Anonymous terkadang kurang mampu menghargai dirinya sendiri, walaupun sebenarnya ia telah mencapai prestasi tertentu.

Anonymous termasuk pribadi kurang yang mampu mengatur daily routine dan jadwal kegiatannya. Terkadang secara tidak sadar ia menumpuk dua atau lebih jadwal kegiatan yang dilakukan pada waktu yang sama. Apabila dalam keadaan tertekan secara berlebihan, ada kecenderungan Anonymous untuk mengeluarkannya secara agresif. Namun Anonymous bukanlah pribadi yang tidak punya visi terhadap masa depannya. Adanya keinginan kuat dalam diri Anonymous untuk terus proggress maju ke depan. Ia ingin menjadi seseorang yang lebih baik dan meninggalkan apa yang sudah berlalu dalam hidupnya.

Dalam bersosialisasi, Anonymous bukan tipe orang yang mudah percaya begitu saja pada seseorang yang ia kenal. Ada sikap hati-hati setiap kali ia berinteraksi dengan orang baru. Untuk itu, terkadang ia menampilkan pencitraan diri (self-image) sebagai seorang bad boy. Namun Anonymous termasuk pribadi yang cukup humoris, dan senang diajak bercanda. Hal ini yang membuat dirinya disenangi oleh lingkungan sosialnya. Dalam hasil analisa doodle test, terlihat ia memiliki banyak teman dekat (close-friend) dan teman teman biasa (casual friend)



Suitable Career

Anonymous memiliki jiwa kompetisi yang sangat kuat. Ia dapat memacu dirinya sendiri agar tidak boleh kalah dengan orang lain. Dalam bekerja dan berkarir, jiwa untuk berkompetisi ini akan lebih terlihat. Saat ini Anonymous sangat tertarik dan ingin mewujudkan keinginannya sebagai seorang eksekutif. Dengan semangat berkompetisi yang tinggi, hal ini akan lebih realistis untuk terwujud.

Dalam bekerja, Anonymous termasuk orang yang kreatif dan berpikir out of the box. Ia kurang suka bila harus melakukan pekerjaan yang terikat dengan aturan aturan yang kaku. Apabila ia bekerja dalam kondisi terikat aturan seperti itu, cenderung akan bertabrakan dengan kreativitasnya. Walaupun begitu, self-discipline yang dimiliki Anonymous sangat baik. Ia mampu untuk melakukan kedisplinan dalam bekerja.

Berdasarkan kepribadian Anonymous yang memiliki semangat kompetisi yang kuat, cara berpikir yang kreatif, dan juga adanya jiwa ambisi, maka Anonymous akan merasa nyaman apabila ia bekerja sebagai seorang entrepeuner.

Kecepatan tulisan tangan yg cepat, tidak ada coretan awal pada huruf, menunjukan Anonymous adalah seseorang yang berkarakter quick starter. Tekanan tulisannya yang cukup kuat, adanya hook pada huruf lower-zone, menunjukan sifat ambitiousness. Anonymous juga termasuk orang yang mampu mengambil resiko (risk-taking). Ini terlihat dari tulisannya yang berhenti cukup jauh dari batas margin kanan, serta memiliki keunikan pada huruf huruf tertentu. Sifat risk-taking ini dapat menjadi penyaluran adrenalin dalam diri Anonymous yang perlu disalurkan. Namun perlu ditekankan, bahwa harus ada perhitungan resiko (risk-analysis) yang tepat sebelum mengambil suatu keputusan.

Kemudian, yang juga paling menunjang adalah jiwa dan semangat kompetisi yang nantinya akan membuat kreatifitas Anonymous berada pada titik maksimal. Hampir kesemua karakteristik yang dimiliki Anonymous sangat diperlukan dalam bidang entrepenur. Dengan latar belakang pendidikannya saat ini sebagai seorang mahasiswa ilmu adminstrasi FISIP UI, akan sangat menunjang kesempatannya berkarir di bidang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar